Selasa, 09 September 2014

From My Job: I've Learned for Living Life

Assalamu’alaikum, ceman-ceman…
".................................."
.
.
.
Ih.
Nabil.
Alay.
Hahaha, maaf ya alay :p *ngaku deh aku emang kadang alay* #karena #kata #orang #alay #adalah #proses #menuju #kedewasaan (selain norak ya). A quiet saturday night here, how about your place? (ini bukan kode loh ya supaya diapelin sama kamu) TT__TT serius ihhh!!!! Hahahahaha :D
Cuma mau cerita aja sih, boleh kan? Iya, mau cerita aku sibuk apa aja sekarang-sekarang ini (padahal kaga ada yang nanya dan mau tau juga sih) tapi ini seru banget! Dan gak biasa dilakuin sama anak-anak SMA.
What actually is?
Ih sok kepo gitu deh kamu mah :D wkwkwkwk
Oke… Jadi aku itu jadi…..
Ya, jadi guru les. Jadi guru private tepatnya.
Hah?
Emang yang diajarin kamu gak stress, Nab?
Jahat ih :( ya enggak atuh, aku kan cewe yang baik hati, ramah tamah, dan rajin menabung. Wkwkwkw… Engga ih pokoknya, aku tuh type orang yang (ternyata) lebih sabar sama anak orang. Masya Allah, kalo sama adek sendiri kadang kesel gitu. Itu kenapa ya? :( kata orang sih gapapa kalo gitu mah, karena wajar. *ini bukan ngebela, tapi pasti yang liat ini suka juga kan berantem ama adek atau kakaknya* hayoloooh… ngaku! :p
Oiii, yuk mari kita bahas kerjaan yang buat aku mikir “Ohhhh, cari uang ternyata susah ya. Duh, mana selalu minta uang terus. Kalo enggak ngambek. Kalo enggak ngambek. Hihhh, itu senjata andalan dan klasik kalo semua permintaan aku gak diturutin.
Setelah menyelesaikan novel remaja aku, setelah dua tahun lamanya tidak disentuh lagi (huhh ternyata emang susah banget mau jadi penulis yang produktif) dan juga melanjutkan novel keduaku yang rencananya berjudul “My New Friend From France” itu, aku tiba-tiba pengen buka les.
Gak tau kenapa, itu keinginan tiba-tiba muncul. Soalnya (aku lagi gak ada pemasukkan banget) hahaha T_T dan ternyata banyak yang menyarankan aku supaya ngebuka les aja deh.
Setelah lebaran idul fitri, ibuku pulang lagi ke Bogor.
And, a real life is really coming.
Mau nangis memang. Ditinggal sama ibu, cuma punya waktu yang sedikit sama ayah dan harus hidup jauh dengan mereka.
NEW PROBLEMS ARE COMING….
Aku itu tipe orang yang segan dan gak enakkan kalo minta uang tambahan ke nenek. Serius ih ini mah, aku mah gini-gini teh gak pernah melakukan uniko, alias usaha nipu kolot (huahahaha…..) kalo udah dikasih ya udah, gak pernah minta lagi meski itu buat tugas, foto copy, terus mau kerkel, dan lain-lain deh.
Nah, aku juga kan suka rewel sama makanan. Dari dulu memang, paling gak makan mie instan terus. Tapi sayang, nenek + kakek aku gak pernah nyetok karena mereka berdua memang punya jantung, ya iyalah punya jantung! Hahaha.. maksud aku punya penyakit jantung. Mereka masak kok, sungguh. cuma akunya aja yang banyak maunya hehe minta uang buat beli mie instan? Kembali ke point pertama, aku itu orangnya paliiiiiiiinggggg segaaaaaaan! Seriusss!
Dan banyak masalah-masalah lagi….
SELESAI.
Eeeeeeeeeeeh belooom, nih aku mau cerita cara ngajar aku. Hahahaha, serius ih aku teh ngajar di board, nulis-nulis lucu, ngejelasin kaya ibu guru gitu…
Murid pertama? Namanya Dede Alisa… Namanya ALISA! Dede hanya embel-embel untuk memanggil adik! Hahaha… maaf ya aku nulis gitu soalnya nanti disangka bener lagi nama dia Dede Alisa. Dia anak guru olahragaku di SMA. Wah, jelas aku harus professional dan ngasih yang terbaik dong buat dia? Iya, karena kalau ngajarnya ga becus, bisa-bisa aku ditindak sama guru aku wkwk
Masalahnya meski dia sudah kelas 5, dia belum hapal perkalian 1 – 10 dengan sempurna. Tak apa, itu tantanganku sebagai guru untuk pertama kalinya. I taught how a simple way to memorize. Jadi, aku ngajarin cara paling mudah untuk ngapal, bukan cara sih tapi kaya syarat gitu wkwkwk, jadi aku ngasih dia kertas yang sengaja aku buat. Isinya kali-kalian gitu, dan syaratnya……
Dede Alisa harus hapal itu, kalo mau les harus nyetor. Nah, disuruh kaya gitu, alhamdulillah berhasil :’)) hahaha, meski aku cuma bercanda kok gak mau ngajar kalo dia gak hafal, hahaha. Jahat ya? :p ah yang penting dia udah hapal sekarang… Oh ya, dede Alisa itu les semua pelajaran. Mtk, bahasa Inggris, IPA, PKN, IPS, bahasa Indonesia, dll -___- banyak yaaa? Tapi ikhlas kok :’) kalo olahraga? Engga dong, itu mah kewajiban bapaknya hahaha :D
Nah terus ada, dede Difa. Iya, namanya juga cuma Difa. Gak pake dede sebenarnya, hahaha.. Nah, tebak dia berapa tahun?????
Sok, bayangkeunn!!! Dia itu baru 6 tahun dan dia kelas 1 SD. Waaaaaaaaaaaaaaaah, terus gimana reaksi kamu dapet murid yang notabenenya masih TK? Iya, aku mau teriak-teriak. Jujur, ini berat bangeeet! Harus ekstra sabar dan aku tau banget how stage of my patientness hikzzz TT___TT TAPI GAK TAU KENAPA? Bodohnya aku terima gitu, pas Ibunya bilang minta les ke aku :’)) nahhh, dia malah belum bisa baca,
Jadi gini……..
Setiap aku bilang “Dek, ayo baca… Ayooo sayang, bacaaaa!” kata aku gitu.. “Dia selalu bilang: gak bisa” huhuhu :’( aku gak frustasi kok :’)) tapi aku mulai memutar otak supaya bisa bikin pengajaran yang menarik. Jadi, untuk mempermudah belajarnya, aku suka bikin gambar dulu yang mendukung proses belajar dan mengajarnya. Dan aku suka beli coklat-coklat gitu, biar dia tambah semangat (padahal aku juga mau coklatnya, haha), dan pastinya.. aku gak bisa maksa dia kalo sudah bosan belajar.
Hahaha, itu sabar banget kan? Coba bayangin kalo lagi ngajarin adek, malah ngomel-ngomel gak jelas, “Kok gak bisa sih, makanya kalo lagi belajar perhatiin gurunya!” hahahahahaha
Setiap kali dia sudah bosan, aku selalu mengalihkan perhatiannya dulu. Misalnya dengan nyanyi-nyanyi lucu (ini sama sekali gak lucu, karena suara aku gak bagus), kalau engga aku ya ngegambar-gambar gitu, gambar buah-buahan, gambar pohon pisang, gambar mobil pemadam kebakaran de el el -__- naaaah, kadang juga aku maen congklak wkwkw waaah ternyata seru juga kan, ya itung itung hiburan lah, dari pagi sampai siang ketemunya temen-temen yang seumuran mulu.
Dan, teman-teman sekelas aku yang kadang suka minta les tambahan kalau mau ulangan fisika, kimia, biologi, atau matematika atau kalau mereka gak ngerti. Tapi gak usah dibahas yak, wkwk.. aku males deh, soalnya bukan kebanyakan les dan mikirnya nya, tapi mereka kebanyakan makan-makan di rumah aku dan itu lama banget, mana gak mau nyuci piring lagi hahaha
Oh ya, masalah bayaran… ternyata ohh ternyata… Itu gak penting :’)) meski hanya dibayar 5 ribu per pertemuan, tapi aku dapet pelajaran yang lebih mahal dari itu. Really…
·       - Pertama, aku dapat ngerasain susahnya nyari uang.. disaat mau jajan dua ribu aja, Ya Allah itu sayangnya masya Allah, kayaknya gak rela gitu udah ngajar bahkan sampai kehilangan suara uangnya harus dijajanin. Ini serius :’)
·       - Kedua, aku mendapatkan lebih dari uang. Mereka adalah anak-anak. Lebih dari anak-anak yang semangat belajar. Tetapi anak-anak yang matanya meneduhkan hati dan pikiran aku. Yang binar matanya menghangatkan jiwa. Aku baru sadar bahwa di dalam diri anak-anak itu ada kekuatan magis. Sekarang aku baru ngerti kenapa banyak orang yang ingin jadi anak kecil, karena jadi anak kecil itu happy :)

Nah, jadi begitu teman-teman pengalaman aku selama menjadi guru privat, bermodalkan white board yang dibuatin kakek, dua buah spidol, dan sedikit ilmu pengetahuan yang kata ibu semakin bertambah bila dibagikan kepada orang lain, aku menemukan sisi lain dari diriku, menjadi orang yang lebih sabar, gak cuma bisa nuntut, dan menemukan nyawa di hidupku lagi karena anak-anak.

aku sadar banget sebelum menjadi guru, aku sangat temperamental dan sensitive tapi semenjak ini aku jadi ngerti bahwa semua anak itu tidak sama. Mereka sesungguhnya adalah cahaya hati.
Meski lelahnya bukan main, karena terkadang aku baru berhenti mengajar saat menjelang magrib, lalu langsung menjalankan peran untuk adikku sebagai ibunya seperti mencuci dan menyetrika, lanjut belajar, mengerjakan tugas, dan menulis.

Tapi di samping itu aku sungguh bersyukur, semoga pekerjaan ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi pahala yang akan mengalir ke kuburku kelak, ketika tak ada yang bisa menolongku selain amal jariah dan doa anak yang sholeh. Aamiin…


Pangandaran, 5 September 2013

Putri Nabil

2 komentar:

yeasvre mengatakan...

Seru deh bacanya .. aku juga mau dong jadi murid Ibu Nabil, biar bisa dikasih cokelat terus. :D

Putri Nabil mengatakan...

Boleh hihihi... sering sering mampir ke sini yaaa hahaha ^^

Posting Komentar

 
;