Jumat, 19 September 2014

Pundung


Hai, aku mau cerita tentang pundung nih. Wah, menarik ya judul yang mau aku posting kali ini ^_^ (menurutku sih menarik :D) hahahaha. ya mudah-mudahan we, kamu juga menilai judul ini menarik. Punten ah sok maksa gitu aku mah.
Tapi warning dulu ya: yang akan aku ceritakan adalah sifat buruk aku! Waaaaah, apa ituu? Pokoknya yang bikin orang sebel deh, beneeeer :D hahahaha jadi malu. Tapi semoga teman-teman bisa ngambil pelajaran dan yang paling penting jangan ngikutin aku, si tukang pundung!
Yuk, mari kita bahas pundung.
Pundung?
Apa itu pundung?
Pundung itu kondisi langit ketika mau mengeluarkan bulir-bulir airnya ya? Itu MENDUNG -_-
Oh ya ya ya, Nabil tahu! Pundung itu sejenis agar-agar?
Haaaaaah? Apaaaa?
PUDING! Yeaaaay! Hahaha *ketawa puas*
!@$%^&*(()? *loh kok gak ada yang ketawa?* #murungkut
 Huhuhuhu, jadi pundung sama puding jauh ya :( #maaf #gajus #jadi #gak #ada #yang #ketawa
Ah, yasudahlah… maafkan kejayusan saya. Gini, jadi aku mau bahas aja deh. Gak deng, lebih tepatnya aku mau ngasih clue sih lewat cerita yang bakal aku ceritain di bawah ini ya! *plis ih, disimak ceritanya!
***
Ceritanya, aku baru pulang dari rumahnya Teh Teza, ya biasalah, kalo liburan suka gitu. Maen atau masak-masak lucu, selain itu si dede yang dengan songongnya menjuluki aku “si cabe-cabean” juga lagi ulang tahun. Aku juga heran, kok dia bisa ulang tahun ya? Hahahaha… Ya pokoknya begitu deh ya, selesai aku bikin Fruity Vanilla Caramel Puding, aku pulang ke rumah sekitar jam setengah 5. Abis itu aku mandi dan langsung one day one juz-an. Dan tiba-tiba…
Si mamah Lilim nyamper pas aku masih pake baju santai. pokoknya lagi nyantai banget dan pengen istirahat dan tiba-tiba aku disuruh ke sekolah, karena aku harus masang wall sticker berhubung besok kita mau lomba tata letak kelas, selain itu aku juga harus mengecek sih kelas-kelas lain karena aku kebetulan yang jadi ketua ekskul jurnalistik. Sok bayangkeun, itu teh udah jam enam kurang lima belas artinya itu sudah mau magrib. Pasti kalian nanya kemana anak laki-lakinya? FYI, kelasku itu kerajaan perempuan, jadi cowoknya cuma 6. Sisanya mereka dikelilingi cewek-cewek manis, baik hati, dan semangat belajar kaya kita-kita hehehe. Ya, setelah mengecek, aku langsung deh masang wall sticker, bongkar pasang terus soalnya masangnya menceng -_- abisnya gelap sih, udah gitu bikin leher aku pegel. Dan…
Azan magrib pun berkumandang!
Aku dan teman-teman memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan *ceile* dan ngomong “tanggung deh, 15 menit lagi. Nah, setelah lima belas menit dan wall stickernya dilepas lagi karena menceng lagi -_- kita frustasi dong, dan berpikir kayaknya Allah nyuruh kita solat dulu :D hahaha… Ya sudah kita solat. Nah, jadi disitu tuh ada aku, Seni, Mamah Lilim, Bibi Anyeu, Izna (temennya Mamah Lilim, Bi Anyeu, Seni), dan si Adi. Iya cowoknya dia doang -_- dan aku kasih tau, si Izna itu… tomboy. Jadi apa yang ada dipikiranmu kalau aku bilang dia tomboy?
Ya, tomboy we pokonya mah. Rambut dia pendek dan kaya cowok. Dan ciri-ciri yang lain mengikuti. Si Izna mau solat. Aku, Bi Anyeu, Mamah Lilim dan Adi udah solat lebih dulu. Nah, si Izna dan Seni ternyata masih berbincang. Maybe, she is surprised. Disinilah awal mulanya…
Aku ngerti banget pasti Si Seni kaget melihat Izna mau solat. Jadi dia jahat banget, pas Izna pake mukena dia malah ketawa cekikikan *padahal itu dilarang berhubung kita ada di sekolah malam-malam* *suara dia jadi mirip kaya kunti* #padahal. Huhuhu, Iznanya langsung buka mukena dan pergi.
“Iznaaaa!!! Geuwat gera sholat heula.” Bi Anyeu udah merasa ada yang ga beres waktu Izna keluar dari masjid sekolah. Dianya pergi tanpa mengacuhkan kita-kita. Serius ih, aku jadi merasa sakitnya tuh disini *sambil tunjuk hati* hahaha… Nah, Bi Anyeu coba ngejar dia tapi ternyata dia udah ada di parkiran motor. Dia malah nge-gas motor sekenceng-kencengnya dan pergi gitu aja. Ya, dia marah…. Aku memandang Bi Anyeu dengan tatapan gak ngerti. Bingung, khawatir, dan sebel juga sama sifat childishnya si Izna. Aku gak nyangka, anak se-tomboy dia bisa ambekan gitu-_- tapi Mamah Lilim bereaksi, kata dia “Biarin aja. Makanya jangan gitu, Sen!” wahaha, akhirnya si Seni kena marah juga :D
“Mah, itu si Izna gak papa kan? Gak disusul?” aku nanya ke Mamah Lilim. Dia ngegeleng sambil melengos pergi ke kelas buat ngelanjutin kerjaan kita-kita. Mungkin, dia udah biasa ngadepin orang-orang nyebelin dengan cara ngambek kali ya. (IYA, TERMASUK AKU!) -____-
Ternyata, di kelas si Izna jadi trending topic. Kita sih udah ngelupain karena kata mamah Lilim itu biasa, tapi jujur.. dalam hati aku pasti gondok banget jadi temen-temennya si Izna yang enggak kaopan kaya gitu.
Hape mamah Lilim bunyi! Telpon dari Izna!
“Lim, maneh dimana? Motor urang mogok, bengsinna beak. Urang aya di makam yeuh!” (Lim, lo dimana? Motor gue mogok, bensinnya abis. Gue ada di kuburan nih.)
Kita saling pandang dan akhirnya!
Huahahahahahahahahahaha!!!!! Sumpah demi Allah, itu aku ketawa sampe guling-guling ngedenger telpon dari Izna. Dia ngambeknya gak all out sih. Jadinya gitu… Apesnya dia berhenti di kuburan. Dan, buru-burulah Mamah Lilim dan Seni menjemput Izna kembali ke sekolah.
Setelah sampai di sekolah, kita semua senyam senyum ngedenger dia minta maaf. “Hampura, Lim. Henteu kitu-kitu deui!” (Maafin Lim, janji gak kaya gitu lagi!). Mamah Lilim ngejawab, “Kawus sia bengsinna beak di makam. Ulah kitu-kitu deui!” (Sukurin bensinnya abis di kuburan. Jangan gitu-gitu lagi!)
***
Nah! Jadi cerita ini kamu udah bisa ngambil kesimpulan apa itu pundung? Yaaa, bener banget! Pundung itu bahasa sundanya ngambek atau marah. Cerita ini sebetulnya jadi refleksi buat aku, dan agak menyinggung salah satu sifat buruk yang aku punya selama ini, yaitu gampang ngambek.
Awalnya mau ketawa sih, karena mayoritas orang-orang yang kenal aku secara baik, pasti pernah kerepotan mengatasi sifat aku yang satu ini. Jadi, harus sering ngelus dada kalau aku udah ngambek. Bahkan, di wish sweet seventeen birthday aku banyak banget yang ngewish, semoga tambah dewasa dan gak gampang ngambek lagi -__- Well, aku ternyata memang tukang pundung. Dan aku baru merasakan betapa nyebelinnya ngadepin orang yang cepet ngambek itu :’D wah, ternyata aku nyebelin ya? :’))

Aku ngambek ke siapa aja. Aku gampang bete, terlalu masukin hal-hal sepele ke dalam hati aku, gampang tersinggung dan lain-lain. Contohnya, di SD dulu, mereka semua suka ngeledekin aku karena aku gampang ngambek, nyebelinnya lagi aku selalu teriak-teriak ga jelas dan suka monyong-monyong gitu hahaha :D bukannya berhenti diledekin, tapi semakin kesini ternyata aku paham… justru sifat kaya gitulah yang membuat aku semakin sering diledekin.
Gak jauh kaya di SD, ternyata di SMP juga sama. Mereka semua ngeledekin aku karena aku gampang ngambek dan kata mereka ngambek aku tuh lucu, menyebalkan kan? -__- contohnya si Nada Shofi Salsabila, dia itu gak berhenti ngeledekin dan ngisengin aku, mulai dari ngata-ngatain sampe ngelempar sepatu aku dari lantai dua sekolah SMP kami. Lain Nada, lain si Abon dan Dillah, mereka itu nyebelin abis, aku suka ngambek karena mereka seneng banget ngegombalin aku, contohnya gini,
“Bila, minjem tangannya boleh?” aku menolak keras (padahal mah biasa aja ya, iya aku nya emang terlalu serius menyikapinya) mereka memaksa dan akhirnya aku bilang, iya buat apa emang. Kata mereka: buat ngeyakinin bahwa cinta aku gak bertepuk sebelah tangan *eaa* (dan alhasil aku langsung ngambek, jerit-jerit gak karuan) hahahaha :D
Contoh lain gini, “Bila, tadi kok pelanginya cuma ada setengah ya?” aku bilang, “gak tau, gue gak liat. Emang kenapa?” kata mereka: ya kan, pelanginya sebelah lagi ada dimata kamu -____- (nah begitulah kejailan temen-temen SMP aku. Ya udah tau aku mah cepet ngambek dan berperasaan, tapi mereka tetep aja ngeledekin) lain Nada, lain Abon, lain Dillah… lain pula Aap, dia kan tau aku baru berjilbab dan suka menelungkupkan tangan kalo salaman, ahhhh!!!! Dia sering jail nyolek-nyolek aku, biasanya aku langsung manyun sambil ngedumel, “apa lo nyolek-nyolek gue? Emang gue sabun colek!” si Aap bukannya berhenti dia malah terus aja jahil.
Dan pas SMA…
Mungkin ini yang terparah! Karena aku itu so spoiled girl. Jadi aku malah ngambek waktu dikasih nasehat yang baik (ini baik loh ya, please jangan ditiru teman-teman). Yaaaaaa, aku marah pas mereka bilang aku suruh dewasa karena aku udah kelas 2 SMA. Aku malah mogok ngomong, astagfirullah, parah banget kan si Nabila? :’( dan ada kejadian lucu yang bener-bener ngebuat aku selama ini makin sering diolok-olok orang… aku pernah hampir ditilang polisi! Aku histeris berat! Aku takut dipenjara!
Nah, si Dadan, ade kelas aku malah ngeledek setiap hari setiap ketemu. Dan aku langsung jerit-jerit kalau diledekin begitu. Terus aku juga suka ngambek kalo dipanggil neng Nabil, hahahaha. Ya abis, gini loh yaaa: Neng itu kalo dipanggil sama cowok berasa kaya cabe-cabean -_- ya jadinya aku kalo dipanggil gitu suka marah sambil teriak-teriak: IH JANGAN PANGGIL ABI NENG, EMANGNYA ABI CABE-CABEAN -___-
Begitulah sepenggal cerita ngambek aku :’) bahkan sama Nurul dan orang tua aku juga kadang ngambek. Kebayang dong, gimana jadi mereka yang diambekin aku? Mogok makan, mogok ngomong, mogok segala-galanya hehehe. Pasti gondok dan ngerasa sebel kan? :’)
Nah, dari pelajaran Izna, aku mulai belajar teman-teman… gimana sih biar bisa meredam emosi dan banyak-banyak sabar? Selain dari Izna, aku juga belajar dari anak-anak les aku, masa aku bisa sabar ngadepin mereka tapi gak bisa sabar ngadepin orang-orang yang sebenarnya gak perlu aku ambekin? :’D iya masalahnya aku terlalu sewot sih ngedengerin ledekan, olok-olok, dan sikap jail mereka. Coba aja kalo akunya biasa aja, pasti mereka gak akan ngeledekin aku kan? :’) huhuhu…
Kadang aku pengen ketawa setelah ngambek. Karena emang gak ngehasilin apapun. Mending kalo orangnya peka kaya Nurul hehehe… tapi ternyata kalo aku ngambekin Ibu, Ayah, atau temen-temen di SMA udah gak ngaruh, mereka mah udah nganggep biasa aja. Kan akunya bete -___- dari yang pengen merekanya peka dan ngikutin mau aku, jadinya aku malu sendiri dan ujung-ujungnya minta maaf sama mereka hahahahaha :D
Oke, begitulah teman-teman ceritaku tentang “PUNDUNG” I swear, I always effort to be mature, apalagi usiaku udah 17 tahun. Gak selamanya aku yang minta dingertiin, tapi aku juga harus belajar ngertiin orang lain. Selain itu aku berpikir, kasian ya yang jadi pasangan aku kelak, kalo akunya ngambek terus. Gimana bisa saling sayang, kalo akunya diajak ngegombal aja marah? Huahahahahahaha :D
Ya, aku belajar dari apa yang aku alami, aku lihat, dan aku dengar. Doakan semoga aku berubah jadi orang yang gak ngambekan lagi dan lebih dewasa.
And, special thank you:
For the people who always taught me about mature, for the people for always mocking me, and for the people who accept me as I am :D
Akhirnya aku sadar… ternyata ngambek itu capek dan menyebalkan ya! Dan ujung-ujungnya harus minta maaf, it’s embrased me! *tutup muka*
A quiet bedroom in Pangandaran
Nabil



0 komentar:

Posting Komentar

 
;