Kamis, 18 September 2014

Latihan Dasar Kepemimpinan 2013 - 2014


Assalamu’alaikum, para jagoan!
Princess Nabil mau cerita nih hehehe… *ditimpuk beling* Cieee deh, yang memutuskan menjadi anggota organisasi siswa eksis :3 hahahahaha….. Enggak kok, aku mah mau jadi OSIS bener-bener lillahi ta’ala dan mencoba professional. Sok buat apa coba kalau masuk OSIS cuma numpang eksis?
Percuma :’)
Waktu kamu cuma kebuang-buang. Padahal, sekolah benar-benar ngebutuhin kamu loh, yang notabenenya bersinggungan langsung dengan teman-teman di sekolah. Gimana bisa maju kalau kitanya sendiri gak pernah berbaur dengan masyarakat di sekolah?
So, I decided to be a professional member. Because it called chance. It called chance. And, surely, I just got it once.
Ya, berhubung aku ikutan OSIS gak dari kelas 10, ini bener-bener kesempatan yang datang sekali dan yang terakhir.  Di kelas 11 ini. Aku gak tau kenapa, kok bisa begini? Tapi mungkin Allah mau aku ngerasain jadi anggota OSIS, karena ini yang pertama dan yang terakhir. Sebelum mungkin…. nanti kalau aku kuliah memutuskan gabung ke badan eksekutif mahasiswa. Yap… it my end and my beginning :’)
Okee, mari kita bahas aja deh proses yang gak pernah aku alami sebelumnya. Namanya itu Latihan Dasar Kepemimpinan. Long… long agooo…. Hahahaha, aku cuma pernah denger ini pas Arikah, temen SMP aku mau LDK Paskibra, selebihnya aku gak pernah mau tau tuh apa itu LDK.
Waaah, tapi ternyata senjata makan tuan.. Ya, tahuuuuuuun iniiiii aku ikut LDK, gais!!!!!!
***
Sabtu, 1 Desember 2013.

Biasanya, awal bulan itu penuh dengan wishes… iya, aku juga punya banyak sekali wishes. Berhubung aku mau LDK dan UAS sekaligus, jadi aku berdoa semoga dua peristiwa penting dan menentukan buat masa depan aku ini bisa berjalan dengan sukses, aamiiin… Jadi ceritanya gini… ini pertama kalinya aku ikut sebuah kegiatan organisasi yang membuat namaku ada di kertas dispensasi gak masuk kelas. Seneng? Gak terlalu, karena meski kelas aku yang penuh dengan para aktivis cuma tersisa  10 orang, it’s no matter… aku tetap semangat tuh. Malah seneng. Serius ih, hahaha… berasa kaya di platinum class gitu kan jadinya :3
Nah, tanggal 1 ini, aku izin gak masuk soalnya akan mengikuti latihan dasar kepemimpinan selama dua hari. Ini latihan untuk menjadi leader di sekbid 10, katanya mah begitu. Aku nurut saja. Karena aku pengen bener ngurus itu sekbid, aku gak mau maen-maen, aku udah bilang, ini kesempatan cuma satu kali dan yang terakhir, dan ternyata angkatan aku tidak menjabat 1 tahun penuh, tetapi cuma 8 bulan, karena September nanti kita sudah MUKILAS.
Aku nyiapin segala peralatan dan segala sesuatu yang harus aku bawa. Banyaaaak! Aku bawa tiker segala loh, hahahaha… Ya buat tidur di sekolah. Naaah, setelah pendaftaraan aku langsung ikut serangkaian acara mukilas. Sayangnya, kita masuk dan registrasi di jam yang salah yaitu jam 2 siang, jadi panitia nyangka kita udah makan siang. Huhuhu… artinya kita akan menahan lapar sampai jam 8 malam :’)
Gara-gara menahan lapar itulah, jadinya perut seluruh peserta LDK jadi melekbek (wkwkwkwk, wah bahasa apa itu?) Yaaa.. itu adalah kondisi perut yang serba salah, aduuuh pokoknya itu gak enak banget :’D mau buang gas, malu dan gak bisa T___T mau didiemin? perut aku sakit T___T
Naah, kegiatan LDK nya macem-macem: pertama, upacara pembukaan (sssttt, ternyata dia panitianya) oh oh oh… terus beresin barak kita, dilanjut materi materi kepemimpinan.. Magrib kita sholat setelah sebelumnya diizinin untuk bersih bersih selama satu jam. Daaan… yang ditunggu-tunggu pun datang!!!! Maaakaaaaan!!!!!!!! Hahahaha..  eh tapi ternyataaaaa………. pas udah dapet makan ternyata perut aku udah kena maag duluan. Yah, terus gimana dong? :”)) setelah makan malam, kita dilanjut materi selanjutnya. But, it’s like a unfortunate condition :’) coba tebak apa yang terjadi?
.
.
.
.
.
Tiba-tiba mati lampu… dan itu baru nyala jam 10. So, kita melanjutkan materi sampai jam setengah dua belas malam. Huhu.. dilanjut sampai jam setengah satu kita hiburan gitu.. wkwkwwkwk. Naaah, kita disuruh tidur!!! Tapi cuma lima belas menit. Boro-boro memejamkan mata, hati dan pikiran aku aja masih melayang-layang memikirkan dia *plak* wkwkwwk  engga.. engga… maksud aku.. ya lima belas menit mah cuma buat apa atuh :’) hahaha… nah, tiba-tiba baru “lep” udah didobrak-dobrak -___- dan kita semua terbangun dan digeret (dipaksa untuk ke lapangan).
Aku mulai su’udzon.. Gak ada lampu… ataupun cahaya remang-remang… There’s pure dark and we couldn’t see anything. Serius! Tuhkan, gimana aku gak su’udzon. Gimana kalau tiba-tiba kita dibully? Ditutup matanya terus suruh nunggu salah satu ruangan kelas di sekolah yang terkenal ……………………………. :’( tuhkan… tega banget kan? :’( sepanjang di lapangan, kita gak berani ngapa-ngapain deh. Kita cuma berpegangan tangan dan tak akan pernah melepaskan *asikkk* (sama cewek tapi loh yak -___-)
Puncaknya…….. kita jelajah malam. Jaraknya mencapai 2 KM dan fix… tujuan terkakhir kita adalah kuburan yang paling angker disitu. Huhuhu…
Satu kelompoknya itu ada 10 orang. Aku gak tau, anggota kelompok siapa aja. Tapi yang jelas ada si Anis deh wkwkwkwk. Nah, selesai jelajah malam melewati rumah-rumah, kebon-kebon, hutan kecil juga ada,, tiba-tiba kita mengencangkan pegangan. Aku juga gak tau itu kenapa, tapi kan aku tetep panik!! Kita suruh mengikuti arah suara yang dikasih oleh kakak kelas. Itu suara korek api dan kita harus ngikutin itu. Dan beberapa menit kemudian, aku gak tau itu dimana… tapi ada kakak kelas yang menyuruh kami melepaskan tangan satu sama lain (dengan kondisi mata tertutup) huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, aku sumpah sumpah sumpah mau nangis pake bangeeet :’((( udah ngerasa something unright will happen!
Kakak kelas itu terus menuntun aku jalan, aku gak tau siapa tapi itu jelas, kakak kelas cowok. Dalam hati aku memohon ampun, Ya Allah, aku pegangan tangan karena aku benar-benar gak berdaya :’) maafin Nabil ya Allah, wkwkwk… Yang tadinya malu berakhir dengan: gak mau ngelepas pegangan tangan dia. Sumpah, bukan modus ya -____- ini takut stadium akut -____- bukan masalah kalau salaman selalu menelungkupkan tangan di dada, tapi ketika aku sadar, aku bener-bener butuh dia saat aku beneran takut, takut, takut :’( *cerita sambil nangis*  terus tiba-tiba dia bilang, “Nabil, sekarang duduk.” Dia mulai melepaskan genggaman tangannya. Dan, yang lebih memalukannya lagi aku gak mau ngelepas genggaman tangan dia. Sumpah ih, aku gak modus :’((( aku mah beneran takut. ya ampun semua orang tau aku itu parno bangeeeeet -_____- sedikit demi sedikit aku mulai menitikkan air mata. Kakak itu udah ngelepas genggaman tangannya, tapi dengan segenap feeling karena aku gak bisa melihat, aku tarik jaketnya biar dia gak bisa kemana mana :’(
“Ayo, duduk Nabil, gapapa…”
Aku keukeuh gak mau duduk, sambil bilang dengan manja “Aku gak mau, kakak jangan ninggalin aku.” Iyuh banget kan, wkwkwkwkwk… Maksudnya tuh biar dia gak tega gitu, ah tapi mah gak mengenal belas kasihan sepertinya. Ih, pokoknya takut banget lah… soalnya bau bunga kamboja ditambah udara yang semakin dingin menusuk tulang semakin membuat aku takut setengah mati.
“Nabil gak mau duduk nih? Aku bilangin ketua panitianya ya?” duh, kakak kelas itu tiba-tiba ngadu, aku jadi males berurusan dengannya dan pelan-pelan aku turun ke bawah, jongkok, lalu duduk. Aku duduk. Iya, sok atuh keprok dulu saudara atas keberanian aku duduk di bawah. Hahahaha! Aku pegang tempat duduk aku…TANAH BASAH!!!! Aaaaaaaaaahhhh, aku dari awal udah ber-suudzon aja kan, kalau duduk di keramik berarti aku duduk di kuburan yang dikeramikin, dan kalau duduk di tanah berarti aku duduk di kuburan yang gak dikasih keramik.
“?><!@#$$%%%?”{!@#$.” KALAU DI TANAH YANG BASAH? JANGAN-JANGAN AKU DUDUK DI KUBURAN BARU DONG???????? *pingsan mendadak* wkwkwkwkwk. aku meraba ke samping kanan aku... Aku memegang sesuatu dan itu pohon kecil. Ya Robbi, aku semakin yakin kalau aku duduk di kuburan yang baru dibuat, soalnya biasa sih, kalau ada yang meninggal suka dikasih pohon kecil gitu. Aku menelungkupkan tanganku pasrah dan sedih. Gak ada pilihan lain, aku panjatkan doa yang aku tahu selama ini dapat menangkal setan dan dedemit, berulang kali aku baca ayat kursi, surat an-nas sampai al-ikhlas, aku merasa cuma Allah tumpuanku saat ini.
“Allahulaaa illa haillah huwal hayyul koyyum……..”
“Kul a’udzubirobbinass………………”
“Kul a’udzubirobil falaq…………….”
“Kul huwallahu ahad………………” Doa-doa itu terus aku panjatkan penuh harap kepada Allah, supaya aku dijauhkan dari setan-setan yang terkutuk. Pikiran buruk terus menghantui, takut tiba-tiba pas buka mata, aku ditinggal lah, atau pas buka tutup mata aku langsung berhadapan dengan kuntilanak. Naudzubillah :’) tiba-tiba ada yang berbicara,
“Kulhuwallohu ahad…Allahusomad” suara kakak kelasku! Bang Yusuf! Dia masih sempat-sempatnya meledek -___- sebel. “Terus Nabil, ayo baca surat-surat penek hahahaha!” aku manyun. Aku lagi ketakutan setengah mati gini, masih aja diledekin. Huhuhu… Kemudian banyak suara-suara yang tadinya diam sekarang mulai gaduh dan bersahut-sahutan. Ya Robbi, itu suara peserta-peserta LDK. Aku sedikit lega, berarti aku enggak ditempatkan jauh dari mereka dong.
Nah, setelah itu kami kayak dikasih renungan lah. Kakak kelasku dalem dan jleb, bener-bener nyadarin kita, kalau orang-orang yang ada di bawah tanah yang kami duduki ini pernah seperti kita, tapi ada dua pilihan.. Mau hidup semau udel apa yang penuh taat sama Allah. Kita nangis dong, wah… jelajah malam ke kuburan beneran membuat kita mikir tapi takut juga sih :’D
Sudah syelesaaaaai!!!! Terus kita disuruh buka mata dan taraaaa! Ya sebenernya sih antara seneng dan tetep ada rasa takut, jadi ternyata kita itu duduk di pinggir makamnya, di sebelah tanah yang penuh sama kuburan, dan tempat kita gak ada kuburannya meskipun aku gak terlalu yakin sih itu pernah ada kuburannya terus dipindahin kan, siapa tau?
Dan pukul setengah empat pagi, kita jalan lagi selama 2 KM. Wah, itu baju udah gak ada rupanya, udah bau segala macem hahahaha. Sampai disekolahnya jam setengah lima dan kita buru-buru solat dan bersih-bersih. Abis itu ada kegiatan olahraga jam setengah tujuh dan kita bisa tiduuuuur.
***
Pagi itu rencananya kita bakal track and field, jelajah siang gitu deh deh… Tahun kemaren kita harus mendaki gunung lewati lembah, hahaha… Boong ketang. Ya parah sih, tapi gak gitu kok. Kita harus masuk ke sier (sungai irigasi) dan merayap di semacam parit. Iya parit, dan makannya suruh di tempat bekas cat gitu. Tahun yang lalu tapi itu, alhamdulillahnya sekarang enggak :’D biasa aja, kita cuma harus leati pos satu ke pos lain dan menjawab soal-soal gitu deh. Dan agenda terakhir kita upacara penutup sekaligus salam-salaman dengan kakak kelas.
Suddenly, my heart stopped. I couldn’t take a breath. Acara salam-salaman itu bener-bener……………… :’D ya begitulah. Untuk pertamanya. Setelah 11 bulan kita saling tak sapa dan acuh tak acuh. Ya akhirnya, it’s the moment.
Tebak apa yaa? :p #jangan #dilanjutin #ya #nanti #galau *memohon pada udara*
Oke, jadi begitulah ceritaku tentang Latihan Dasar Kepemimpinan teman-teman. Aku gak pernah nyesel ikut apapun itu, selama positif dan gak menghalangi ruang gerak aku sebagai happy teenager. meski awalnya give some troubles, but I am happy in the end, cause it called chance. And, the chance like those not always come around everyday! :)
Salam Hangat
Nabil

(7 Desember 2013)

2 komentar:

Ismawan mengatakan...

hahahhahaaha gaje bil doany gni aj SAMIUN ALLOH KURING NEDA HUJAN hehhe

Putri Nabil mengatakan...

Samiun Allah kuring neda "lepas ti penderitaan" :')

Posting Komentar

 
;